Selasa, 02 Oktober 2012

5 Makanan Berlemak yang Justru Bisa Bikin Badan Langsing

5 Makanan Berlemak yang Justru Bisa Bikin Badan Langsing

Buat orang yang sedang menjalani program diet ketat, salah satu pantangannya adalah makanan berlemak. Tapi hal ini tentu sulit sebab makanan seperti itu kebanyakan rasanya enak. Jangan khawatir, ada beberapa makanan enak berlemak yang justru aman dikonsumsi sebab bisa bikin badan jadi langsing.

Lemak yang konon bikin gemuk adalah lemak trans yang banyak terkandung dalam makanan gorengan dan serta lemak jenuh yang banyak ditemukan dalam daging olahan. Lemak-lemak ini mengandung kalori dalam jumlah besar yang dapat merugikan kesehatan.

Sebaliknya, ada juga lemak sehat yang dapat meredam nafsu makan, mengurangi jumlah kalori yang dimakan, juga meningkatkan kesehatan jantung dan memicu metabolisme. Seperti dilansir ABC News, Selasa (2/10/2012), berikut adalah makanan-makanan yang mengandung lemak baik tersebut.

1. Daging Sapi yang Diberi Makan Rumput
Sapi memang jelas makanannya adalah rumput. Tapi tidak semua sapi yang diternakkan diberi makan rumput alami, bukan makanan ternak pabrikan. Sapi yang diberi makan rumput alami lebih tinggi kandungan lemak baiknya.

Sebuah penelitian yang dimuat jurnal Nutrition menemukan bahwa dagung dari hewan yang diberi makan rumput mengandung lebih banyak asam lemak omega-3 yang mampu mengurangi risiko penyakit jantung. Selain itu, kalorinya juga lebih sedikit daripada daging konvensional.

2. Minyak Zaitun
Minyak zaitun kaya akan polifenol pelawan kanker dan lemak tak jenuh yang dapat memperkuat jantung. Minyak ini juga dapat membantu program pelangsingan badan. Sebuah penelitian terbaru yang dimuat jurnal Obesity menemukan bahwa minyak zaitun mengandung adiponektin dalam jumlah tinggi dibandingkan karbohidrat atau protein lainnya.

Adiponektin adalah hormon yang bertanggung jawab untuk memecah lemak dalam tubuh dan mendorong agar indeks massa tubuh cenderung tetap rendah.

3. Kelapa
Kelapa kaya akan kandungan lemak jenuh. Namun lebih dari setengah kandungannya berasal dari asam laurat, lemak unik yang dapat melawan bakteri jahat. Sebuah penelitian yang diterbitkan jurnal Lipid menemukan bahwa suplemen minyak kelapa dapat mengurangi perut buncit.

Penelitian itu membandingkan kelompok yang diberi 2 sendok makan minyak kelapa dengan kelompok yang diberi minyak kedelai setiap hari. Kedua kelompok akhirnya memang mengalami penurunan berat badan, namun hanya kelompok pemakan minyak kelapa yang lingkar pinggangnya menyusut.

4. Dark Chocolate
Selain rasanya enak dan manis, dark chocolate dapat membantu meratakan perut. Sebuah penelitian menemukan bahwa ketika memakan 3,5 ons cokelat 2 jam sebelum makan, penikmat cokelat hitam menyerap 17 persen kalori lebih sedikit ketimbang yang makan coklat susu.

Para peneliti meyakini penyebabnya adalah karena dark chocolate mengandung cocoa butter murni yang dapat memperlambat pencernaan. Cocoa butter yang terkandung dalam coklat susu lebih banyak kandungan minyak menteganya sehingga lebih cepat diproses saluran pencernaan. Karena dark chocolate membutuhkan lebih banyak waktu untuk diproses, hasilnya bisa membantu menurunkan berat badan.

5. Almond
Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa almond dapat membantu menurunkan berat badan meskipun kandungan lemaknya tinggi. Bahkan sebuah penelitian yang dimuat Journal of Obesity and Related Metabolic Disorders menemukan bahwa pemakan almond berhasil menurunkan lingkar pinggangnya 50 persen lebih besar dibanding yang menjalani program diet.

Rahasianya, almond ternyata mengandung senyawa yang dapat membatasi jumlah lemak yang diserap tubuh.
 
Sumber : detik.com

Tidak ada komentar:

Header Ad Banner

Adsense Indonesia Adsense Indonesia Adsense Indonesia Adsense Indonesia Adsense Indonesia Adsense Indonesia