Rabu, 24 Oktober 2012

Alasan Kita Suka Mengantuk di Kantor

Alasan Kita Suka Mengantuk di Kantor

detail berita
DARI tidur larut malam sampai makan siang yang mengenyangkan, ada banyak alasan kenapa kita jadi mengantuk di kantor pada siang sampai sore hari.

Ilmuwan di Amerika Serikat telah menemukan bahwa tingkat karbondioksida di kantor dan ruang kelas yang tinggi dapat mempengaruhi konsentrasi dan kemampuan untuk mengambil keputusan, alias bisa membuat kita mengantuk.

Sumber utama karbondioksida dalam ruangan adalah manusia. Konsentrasi karbondioksida di luar ruangan sekira 380 bagian per juta (parts per million atau ppm).  Namun, konsentrasi karbondioksida dalam ruangan bisa naik hingga beberapa ribu ppm.

Tingginya tingkat karbondioksida dalam ruangan biasanya terjadi karena sistem ventilasi untuk mengurangi kebutuhan konsumsi energi bangunan, kata para peneliti. Penelitian ini dilakukan oleh para ilmuwan di State University of New York dan Lawrence Berkeley National Laboratory di University of California.

Mereka menemukan bahwa konsentrasi karbondioksida di gedung-gedung perkantoran biasanya tidak melebihi 1.000 ppm, kecuali di ruang rapat, ketika sekelompok orang berkumpul untuk waktu yang lama. (Yang sebagian dapat menjelaskan mengapa begitu sulit untuk tetap terjaga ketika rapat). Sementara dalam kelas, konsentrasi karbon dioksida sering melebihi 1.000 ppm dan kadang-kadang melebihi 3.000 ppm.

Tingkat karbon dioksida tinggi tidak ditemukan berbahaya bagi kesehatan, namun mereka mempengaruhi kemampuan orang untuk berpikir atau membuat keputusan. Para peneliti mengatakan, bahkan mereka terkejut dengan hasil penelitian ini karena mereka menganggap karbondioksida tidak penting dan tak berdampak langsung pada orang-orang. Penelitian ini adalah penelitian pertama yang menghubungankan tingginya kadar karbondioksida dengan penurunan kinerja.

Pada tingkat karbon dioksida 1.000 ppm (tingkat khas di kantor) relawan menunjukkan penurunan kinerja dramatis dalam enam dari sembilan tes. Ini menjadi jauh lebih buruk ketika tingkat karbondioksida naik menjadi 2.500 ppm.

Hal ini semakin membuat peneliti terkejut karena sebelumnya ada studi yang menunjukkan bahwa orang menjadi mengantuk jika level karbondioksida dalam ruangan 10.000-20.000 ppm. Studi ini dipublikasikan dalam jurnal Environmental Health Perspectives, seperti dilansir Dailymail
 
Sumber : okezone.com

Tidak ada komentar:

Header Ad Banner

Adsense Indonesia Adsense Indonesia Adsense Indonesia Adsense Indonesia Adsense Indonesia Adsense Indonesia