Rabu, 24 Oktober 2012

manfaat tidur siang

Pentingnya Tidur Siang bagi Kesehatan

detail beritaPARA ahli merekomendasikan bahwa orang dewasa harus tidur tujuh sampai delapan jam di malam hari. Namun sering kali waktu tidur itu tidak bisa dipenuhi karena kesibukan kita. Tidak cukup berdampak terhadap kesehatan Anda.

Jika tak cukup tidur malam, cobalah tidur di siang hari. Curilah waktu di sela-sela kesibukan Anda. Tidur pada siang hari memacu energi Anda, meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan mood Anda, dan banyak lagi.

Tapi ada cara yang benar dan salah jika ingin mendapatkan tambahan waktu tidur ini. Berikut adalah informasi tentang tidur siang, seperti dilansir Woman’s Day.

Tidur siang dapat membantu Anda fokus

Pada siang hari ketika Anda mengantuk, tidur siang adalah cara bagus untuk merasa segar kembali dan membantu Anda berpikir lebih baik. Sebuah studi pada tahun 2010 di University of California-Berkley menemukan bahwa sekelompok orang dewasa muda lebih baik dalam bekerja setelah tidur siang 90 menit pada pukul 2 siang.

"Ketika Anda mengantuk, Anda tidak akan ingat tentang sesuatu. Anda tidak bisa berkonsentrasi dan sulit mengingat atau mengerjakan segala sesuatu. Jika Anda tidur siang, Anda akan mampu mengingat, berpikir dan bekerja lebih baik," kata Donna Arand, PhD, psikolog eksperimental di Pusat Gangguan Tidur Kettering di Dayton, Ohio. Anda tak perlu berbaring selama 90 menit, seperti peserta studi tersebut. Untuk mendapatkan manfaat tidur siang, sebagian besar dokter merekomendasikan hanya tidur siang selama 20 sampai 30 menit.

Tidur siang dapat membantu kurangi risiko penyakit jantung

Tidur, selain mempengaruhi kejernihan mental dan fungsi otak, juga dapat mempengaruhi kesehatan jantung Anda. "Ada penelitian yang menunjukkan orang-orang yang tidur enam jam semalam berisiko lebih besar terkena penyakit jantung daripada mereka yang tidur tujuh hingga delapan jam setiap malam," kata Sarah Conklin, PhD, profesor psikologi dan ilmu saraf di Allegheny College.

"Tidur siang hari mungkin memiliki beberapa jenis efek restoratif yang menghilankan efek negatif tidur malam hari yang pendek." Dengan kata lain, bagi orang-orang yang kurang tidur, 45-60 menit tidur siang telah terbukti dapat menurunkan risiko penyakit jantung. "Manfaat tidur siang hari mungkin tergantung pada apa yang Anda ingin ubah. Tetapi jika ada kesempatan untuk tidur 45 menit sampai satu jam sehari, mungkin memiliki manfaat terukur dalam mengurangi risiko penyakit jantung yang berhubungan dengan tidak tidur (di malam hari) lama."

Ada waktu yang ideal untuk tidur siang hari

Jika Anda sudah pernah ke Spanyol, Anda tahu bahwa setelah makan siang, semuanya orang cenderung untuk tidur siang pada pukul 2-4 siang. "Postprandial dip" adalah ketika tubuh Anda mengalami penurunan alami energi mental dan fisik. "Saat itulah banyak kebudayaan punya kegiatan tidur siang. Tidur siang adalah bawaan normal dari ritme sirkadian," kata Dr. Arand.

Tidur pada jam ini tidak mengganggu waktu tidur Anda pada malam hari. Namun, jangan sekali-sekali tidur siang pada pukul 5 sore atau 6 sore. Karena hal ini bisa mempengaruhi waktu tidur malam Anda, bahkan Anda bisa tidak tidur hingga keesokan harinya.

Gunakan alarm

Anda mungkin terbiasa mengatur jam alarm Anda di malam hari, tetapi Anda juga dapat menset alarm tidur siang hari. Mengatur alarm akan membantu batas waktu tidur, serta mengurangi kecemasan jika Anda kuatir tidur siang berlebihan.

Jika Anda cukup tidur tapi masih merasa lelah, hubungi dokter

Tidur siang adalah pilihan yang bagus untuk orang-orang yang tidak bisa tidur tujuh sampai delapan jam di malam hari. Tetapi bagi mereka yang cukup istirahat malam hari dan masih merasa perlu tidur siang setiap harinya, hal itu bisa mengindikasikan masalah yang lebih besar. "Tidur siang sesekali adalah ide yang baik, tetapi jika Anda perlu tidur siang meskipun Anda cukup tidur di malam hari, mungkin waktunya Anda untuk diperiksa," kata Karl Doghramji, MD, direktur medis di Pusat Gangguan Tidur Jefferson di Thomas Jefferson University di Philadelphia.

Menurut Dr. Doghramji, jenis pola tidur dapat menunjukkan kualitas tidur yang buruk, yang mungkin dikaitkan dengan gangguan tidur seperti sleep apnea atau narkolepsi. Jika Anda tidur tujuh jam atau lebih setiap malam dan masih merasa lelah sepanjang hari, temui dokter untuk menyingkirkan gangguan tidur atau kondisi kesehatan lainnya.

Buat zona tidur siang

Sama seperti di malam hari, suasana sangat penting untuk bisa tidur di siang hari. Menurut Dr. Doghramji, ruang tidur Anda harus gelap dan setenang mungkin. "Tidur siang di tempat tidur, jika Anda bisa. Tetapi jika tidak, kursi lounge yang nyaman lebih baik daripada meletakkan kepala Anda di meja," katanya. Juga, suhu ruangan harus nyaman. Semua elemen berkontribusi untuk membaut Anda tidur lebih nyenyak dan lebih baik.
 
 
Sumber : okezone.com

Tidak ada komentar:

Header Ad Banner

Adsense Indonesia Adsense Indonesia Adsense Indonesia Adsense Indonesia Adsense Indonesia Adsense Indonesia