Masa Inreyen.. apaan sih?
Masa Inreyen (Belanda: inrijden)
atau Break-in atau Running-in selalu disampaikan untuk dipatuhi saat membeli
kendaraan baru, dan anjuran tersebut ada di buku pedoman pemakaian kendaraan,
baik itu mobil maupun motor.
Banyak informasi yang mengatakan
Inreyen tidak perlu lagi, alasannya karena mesin sudah di test di pabrik dan
antar komponen sudah dibuat sedemikian presisi. Bahkan informasi itu muncul
dari kalangan ATPM (pemegang merek) dan pabrikan kendaraan itu sendiri.
Namun informasi tersebut bukan
informasi tertulis dan dapat dipertanggung jawabkan, karena nyatanya seluruh
pabrikan kendaraan tetap menganjurkan untuk mengikuti proses Masa Inreyen untuk
kendaraan baru (mobil maupun motor) yang tertulis pada Buku Pedoman Pemakaian
Kendaraan (User Manual / Owner Manual).
APA MANFAAT MASA INREYEN?
Selama Masa Inreyen, permukaan
komponen-komponen baru yang saling bersentuhan memiliki tingkat kehalusan yang
berbeda-beda. Sekalipun komponen tersebut dibuat dengan sangat presisi, jika
permukaannya dilihat dengan bantuan mikroskop akan terlihat tekstur yang kasar,
berlubang ataupun bergaris/alur. Jika mesin dijalankan secara tidak benar, maka
komponen yang bergesekan tadi akan mengalami keausan yang cepat, bahkan tidak
menutup kemungkinan bisa terjadi kerusakan komponen.
Bagaimana Jika INREYEN Diabaikan?
Yang umumnya terjadi apabila Masa
Inreyen diabaikan, di beberapa bulan ke depan dan tahun - tahun mendatang akan terjadi:
1. Konsumsi
BBM akan semakin boros
2. Konsumsi
Oli akan meningkat (lebih cepat tambah oli / topping-up)
3. Kerusakan
mesin lebih cepat terjadi.
Jadi manfaat dari mematuhi Masa
Inreyen ini adalah:
“Untuk mendapatkan penghematan dan keawetan kendaraan
kita di masa mendatang"Selanjutnya...PROSEDUR INREYEN/NGREYEN MOBIL YANG BENAR..
Tidak ada komentar:
Posting Komentar